Acara Sharing Session Woman in Wind and Bridge Engineering di BBTA3

Pada hari Rabu tanggal 4 Desember 2019, BBTA3-BPPT menyelenggarakan kegiatan seminar terbuka bertajuk Woman in Wind and Bridge Engineering. Acara berlangsung di gedung BBTA3-BPPT Kawasan PUSPIPTEK Serpong Tangerang Selatan. Acara seminar tersebut menghadirkan pembicara perempuan yang profesinya berkaitan dengan jembatan bentang panjang, yaitu Ibu Arvila Delitriana atau akrab disapa Ibu Dina. Ibu Dina belakangan ini menjadi sorotan publik karena keberhasilan beliau dalam mendesain jembatan lengkung LRT Jabodebek yang merupakan jembatan lengkung terpanjang di dunia.

Dalam seminar tersebut, Ibu Dina menceritakan pengalamannya selama mendesain jembatan lengkung LRT mulai dari tahap perencanaan sampai tersambungnya jembatan lengkung LRT tersebut. Bu Dina sempat dianggap remeh oleh desainer asing dengan desain yang diusulkannya. Tetapi dengan keyakinannya dan koordinasi dengan pihak kontraktor di lapangan secara intens, jembatan tersebut dapat direalisasikan dengan baik. Pada akhirnya pihak-pihak yang pernah menganggap remeh beliau mengakui keberhasilan Bu Dina.

Selain Ibu Dina, hadir juga narasumber perempuan lainnya yaitu Ibu Syarie mewakili BBTA3 berbagi tentang pengetahuan yang masih berkaitan dengan jembatan bentang panjang. BBTA3 merupakan laboratorium pengujian yang salah satu layanan pengujiannya adalah pengujian aerodinamik dan aeroelastik jembatan bentang panjang di dalam terowongan angin. Fasilitas pengujian jembatan milik BBTA3 telah terakreditasi oleh KAN yang menerapkan standar ISO 17025. Ibu Syarie menyampaikan alasan mengapa jembatan bentang panjang perlu diuji di dalam terowongan angin dan fenomen-fenomena apa saja yang terjadi pada jembatan akibat angin. BBTA3 memiliki pengalaman dalam mengkaji dan menguji jembatan bentang panjang. Terdapat sekitar 20 jembatan panjang di Indonesia yang tersebar dari Pulau Sumatera hingga Papua telah diuji dan dikaji oleh BBTA3.

Acara seminar diakhiri dengan kunjungan peserta dan narasumber ke fasilitas pengujian jembatan bentang panjang yang dimiliki oleh BBTA3-BPPT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.