Keahlian Aeroacoustics

Kebisingan Lingkungan / Industri / Transportasi

Kebisingan lingkungan merupakan salah satu bentuk pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh suara yang mengganggu. Umumnya disebabkan oleh aktivitas transportasi seperti lalu lintas jalan raya serta industri yang berakibat terjadinya kebisingan di area sekitarnya.

Pengukuran umumnya dilakukan di area pemukiman yang berdekatan ataupun menerima dampak akibat aktivitas industri maupun lalu lintas jalan raya. Penilaian hasil pengukuran mengacu pada baku mutu tingkat kebisingan yang ditetapkan oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup  Nomor KEP-48/MENLH/II/1996.

Kebisingan Kipas

Objek yang diukur tingkat kebisingan adalah kipas pendingin mobil dengan mengacu pada standar  JIS B 8346.

Kebisingan Produk (Tingkat Daya Bunyi) di Hemi Anechoic Chamber

Pengukuran suara dari sebuah sumber suara paling baik dilakukan di area free field, yaitu daerah yang tidak terdapat komponen bunyi hasil refleksi sehingga tidak terjadi gangguan pada gelombang suara. Daerah free field salah satunya dapat diciptakan di dalam hemi anechoic chamber (ruang semi bebas gema). Pengukuran dilakukan dengan mengacu pada standar  ISO 3745-2012.

Dengan fasilitas uji sebuah ruang semi bebas gema (hemi-anechoic chamber) berdimensi ruang uji 5.2 m (panjang) x 5.0 m (lebar) x 3.0 m (tinggi) dan tingkat bising latar 18 dB(A), BBTA3 mampu melakukan pengukuran tingkat daya bunyi sumber suara berbagai produk seperti vacuum cleaner, kipas angin, mesin genset, kompresor, dan lain-lain.

Dengan diketahuinya tingkat daya bunyi produk yang diukur, dapat dilakukan program pengurangan kebisingan jika nilainya melebihi ambang batas kebisingan yang diijinkan sehingga dapat meningkatkan kualitas suara produk juga dapat meningkatkan daya saing penjualan produk di pasaran.

Akustik Bangunan

Kualitas akustik sebuah bangunan / perkantoran yang baik sangat penting bagi kenyamanan penghuninya, terutama pada bangunan yang berada pada area yang berbatasan langsung dengan fasilitas umum seperti lintasan kereta api, jalan raya, bandara maupun area industri. Untuk itu, dengan berbagai fasilitas pengukuran akustik bangunan yang dimiliki, Laboratorium aeroakustik dan akustik BBTA3 dapat melakukan pengukuran dan penilaian beberapa parameter akustik seperti:

  • Acoustic insulation / Insulasi suara oleh bangunan atau elemen bangunan — Mengukur kapasitas elemen bangunan dalam hal mengurangi transmisi suara melalui media udara: seperti suara bising aktivitas jalan raya, bandara, dan lain-lain.
  • Kebisingan akibat air hujan — Mengukur dampak kebisingan yang diakibatkan oleh air hujan yang jatuh pada elemen atap sebuah bangunan.
  • Reverberation time/Waktu — Mengukur waktu dengung untuk meningkatkan kualitas akustik suatu ruangan. Pengukuran waktu dengung (reverberation time) merupakan hal yang sangat penting dilakukan terutama untuk ruangan rapat, auditorium, teater, ruang kelas, dan lain-lain.

Pengukuran dilakukan dengan mengacu pada standar  ISO 140  dan ISO 3382.

Kajian Komputasi Aeroakustik

Aeroakustik merupakan bidang keilmuan yang berbasis aerodinamika dan akustik. Aeroakustik adalah fenomena terjadinya suara yang disebabkan oleh adanya aliran angin.

BBTA3 dengan dasar keilmuan aerodinamika yang kuat, mampu melakukan kajian aeroakustik untuk beberapa kasus, diantaranya:

  • Kajian akustik dari baling-baling pesawat (propeller noise)
  • Kajian akustik dari sayap pesawat (airframe noise)

Kerja Praktek dan Tugas Akhir Mahasiswa

Selain mendukung industri dalam negeri, BBTA3 juga berperan dalam kegiatan pendidikan. Setiap tahunnya terdapat mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang melakukan kerja praktik dan tugas akhir di BBTA3 khususnya di bidang akustik dan aeroakustik. Kegiatan ini tentunya akan memberikan pengalaman serta transfer knowledge bagi mahasiswa mengenai dunia kerja. Dengan berkolaborasi bersama mahasiswa, BBTA3 dapat terus melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan pengujian yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Person In Charge
...
Malinda Sabrina, S. Si.

Head of Aeroacoustics Research Group National Laboratory for Aerodynamics, Aeroelastics and Aeroacoustics Technology.

The Agency for the Assessment and Implementation of Technology (BPPT)

  • Email: malinda.sabrina@bppt.go.id