Survei Lapangan Pengembangan Purwarupa BAMS Seri X2 di Jembatan Suramadu

Tim Pengembangan BAMS (Bridge Aeroelastics Monitoring System), yang merupakan kolaborasi antara BBTA3-BPPT, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), dan PT Daun Biru Engineering, telah melakukan survei lapangan di Jembatan Suramadu pada tanggal 2 – 4 Juli 2019.  Survei ini merupakan rangkaian kegiatan pengembangan purwarupa BAMS seri X2 yang direncanakan akan diuji lapangan di Jembatan Suramadu mulai bulan Oktober 2019.  Kegiatan pengembangan difasilitasi juga oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Program Pengembangan Teknologi Industri (PPTI) tahun anggaran 2019.

Survei dilakukan untuk menentukan peletakan sensor dan peralatan akuisisi data BAMS seri X2.  Selain itu dilakukan juga koordinasi dengan pihak Pengelola SMKS (Sistem Monitoring Kehandalan Struktur) Jembatan Suramadu tentang rencana uji lapangan.  Pihak SMKS Jembatan Suramadu sangat mendukung dan antusias dengan rencana uji lapangan tersebut, seiring dengan roadmap revitalisasi dan pengembangan SMKS Jembatan Suramadu.

Seperti diketahui sebelumnya, pengembangan BAMS Seri X2 pada tahun 2019 ini dfokuskan pada penajaman fitur analisis dan pemodelan yang terintegrasi hingga penggunaan teknologi WSN (Wireless Sensor Network) serta penerapan konsep Internet of Things (IoT).  Nilai tambah ditunjukkan oleh aplikasi peralatan buatan anak negeri yang digawangi oleh PT. Daun Biru Engineering dengan Sistem Monita-nya dan aplikasi berbasiskan WEB yang dikembangkan oleh BBTA3-BPPT dan PNJ.  PNJ melengkapi triple helix of innovation dalam tim yang berperan melakukan penajaman konsep dan adaptasi Sistem Data akuisisi.

Dengan mengadopsi konsep Internet of Things (IoT), aplikasi BAMS Seri X2 diharapkan dapat memudahkan operator monitoring jembatan untuk mengetahui keadaan jembatan secara berkala. Analisis beban angin terhadap struktur jembatan ditujukan untuk menghindari kerusakan jembatan karena beban angin seperti yang terjadi pada jembatan Tacoma yang runtuh akibat beban angin.

One thought on “Survei Lapangan Pengembangan Purwarupa BAMS Seri X2 di Jembatan Suramadu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.